Jumat, 02 Desember 2016

AIRSOFTGUN | JAB'S : JAMBI




Secara fungsi, Penggunaan Airsoft Gun terbagi menjadi 6, yaitu:

1. War Game (Skirmish)
Adalah semacam simulasi tempur layaknya seperti situasi perang sungguhan, peserta War Game biasanya dibagi menjadi 2 tim atau lebih, dan memainkan skenario pertempuran dengan menggunakan Airsoft Gun. Peserta War Game wajib menggunakan alat keselamatan berupa Goggle (kacamata pelindung) untuk melindungi mata dari tembakan Airsoft Gun.
2. Tembak Target
Adalah permainan tembak sasaran menggunakan Airsoft Gun. Tembak target bisa dilakukan sendiri, ataupun dalam momen kompetisi Airsoft Gun. Letak ke asyikan tembak target adalah sensasi kepuasan si penembak pada saat tembakannya tepat sasaran.

3. Koleksi
Adalah kegemaran mengoleksi atau memajang Airsoft Gun. Biasanya koleksi dipajang sebagai dekorasi ruangan.

4. Fotografi
Selain untuk war game, tembak target atau koleksi, Airsoft Gun juga biasanya dipakai untuk kepentingan Fotografi. Banyak para fotografer hobi dan profesional yang memakai Airsoft gun sebagai objek foto, baik itu memakai model ataupun hanya memotret Airsoft nya saja.

5. Syuting Film
Seiring dengan banyaknya film-film action dan perang yang membutuhkan replika senjata api sebagai properti. Maka Airsoft Gun adalah solusinya. Airsoft Gun dirasa paling pas oleh para pembuat film untuk dipakai syuting. Selain memiliki bentuk yang menyerupai aslinya, Airsoft juga tidak berbahaya.

6. Properti lain
Sama halnya seperti keperluan pembuatan film, hanya bedanya ini lebih ke pelengkap suatu acara/ event. Contoh, keperluan Cosplay, drama, kabaret, comedi live show, dll.

  
War Game (Skirmish) JAB'S


Mode-mode pada olahraga airsoftgun
Sekarang kita akan membahas mode-mode pada olahraga airsoftgun.Berikut pembahasannya selamat menyimak.

 1. Deathmatch / Free For All

Dalam mode ini, semua pemain yang ditetapkan terhadap satu sama lain, tidak ada tim dan aliansi antara pemain biasanya disukai. Mode ini biasanya yang paling panik karena pemain hanya memiliki diri untuk mengandalkan, berarti berurusan dengan api dari arah banyak dan lebih kesulitan mendapatkan penutup yang solid.

2. Team Deathmatch / Tim

Dalam mode ini, tim yang terbentuk antara beberapa pemain. Biasanya tim yang seimbang (tidak ada tim yang memiliki pemain lebih dari yang lain). Para anggota tim diberikan harus bekerja sama untuk menghilangkan semua pemain lain dalam permainan. Ketika semua pemain dalam tim berada di luar, tim yang dieliminasi. Ini berlanjut sampai semua tim dieliminasi. Sebuah variasi ini adalah mencari dan menghancurkan, di mana menyembunyikan satu tim dan tim lain harus menemukan mereka.'

3. Pusat Bendera

Serupa dengan menangkap bendera tetapi hanya satu bendera yang ditempatkan di tengah-tengah dari dua basis tim. Pertama Tujuan: menangkap bendera. Kedua tujuan: membawa bendera ke basis musuh. Ketika bendera mencapai basis musuh, musuh kehilangan. Jika flag carrier dihilangkan, siapa pun dapat mengambil bendera. Untuk permainan ekstra panjang, berbagai bendera dapat digunakan.

4. Ambil bendera

Satu bendera ditempatkan di lokasi yang jauh dari semua tim. Tujuannya adalah untuk menjadi yang pertama untuk mencapai bendera. Pemain / tim yang pertama Mencapai (diperebutkan) menang bendera hidup. Untuk game lagi, bendera bergerak dapat digunakan.

5. MILSIM (simulasi militer)

Ini airsoft dikombinasikan dengan unsur live action role-playing, di mana misi ganda harus dilakukan oleh semua tim dari pemain, sementara tujuan misi dari masing-masing tim sangat mungkin mengganggu satu sama lain. Ini jenis permainan sering mengambil akhir pekan seluruh waktu bermain, di mana gameplay dapat dipertahankan pada malam hari, sehingga unsur-unsur yang lebih strategis seperti mendirikan pos pengamatan dan kunci menjadi seperti.

Tidak semua pemain memiliki struktur seperti dalam permainan mereka dan mungkin hanya berada di sana untuk bersenang-senang, bukan untuk bersaing. Ini jelas bukan daftar lengkap, mode permainan lebih banyak dapat ditemukan setiap kali beberapa teman berkumpul untuk bermain.

  


6. Survival Game   Pada mode ini kita bermain mode airsoft seperti biasanya namun bedanya adalah kita seperti kemping.Kita kemping bermain airsoft sampai beberapa hari yang di tentukan,kita dapat di serang juga oleh anggota tim lawan pada malam hari sehingga membuat mode ini lebih relistis.Jadi seperti perang-perangan sungguhan.
Perlengkapan dalam bermain airsoft
Selain Senjata, Perlengkapan yang mutlak di gunakan untung bermain airsoft gun adalah alat pelindung diri. Berikut adalah contoh alat pelindung yang wajib digunakan pemain airsoft gun yang saya ambil dari "ISOCOM Airsoft Rule":
  

1. Goggle atau pelindung mata lainnya (WAJIB !!!)
    Merupakan perlengkapan yang wajib dipakai pada saat wargame maupun saat berada di lokasi wargame.  
    Gunakan pelindung mata (goggle) yang cukup kuat agar tidak pecah bila terkena tembakan. 
    Hindari menggunakan sunglasses karena tidak dirancang untuk wargame. 
    Untuk mendapatkan informasi seputar safety goggle bisa ditanyakan kepada pengurus. 
    Untuk goggle atau kaca mata plastic yang baru dibeli dan belum mengetahui kekuatannya adalah harus ditest terlebih dahulu !!! 
    ISOCOM memiliki standard keamanan untuk safety goggle dengan kriteria harus tidak retak (pecah) dalam kondisi sbb : 
    - Peluru 0.2 gram 
    - Velocity tembakan test = 300 – 330 fps 
    - Jarak test tembakan dari object = 1 meter 
    Bila ternyata kondisi goggle / kacamata menjadi retak parah / pecah, maka 
    akan ditolak.

2.  Pakaian dan Sepatu outdoor 
    Gunakan pakaian dan sepatu yang cocok untuk aktifitas outdoor. 
    Pakaian dan sepatu yang tidak pas untuk kegiatan outdoor akan menyulitkan dalam bergerak, hingga dapat mengakibatkan cedera. 
    ISOCOM menganjurkan menggunakan pakaian yang menyerap keringat, tidak panas dan ukuran yang nyaman. 
    Pakaian yang panas akan menurunkan stamina, cidera, kelelahan sangat, dan berkurangnya konsentrasi (mengarah ke aspek dapat menciderai rekan lainnya) 
3. Pakaian seragam 
    Airsoft adalah permainan dimana saat permainan dimulai akan terjadi tembak menembak menggunakan mainan Airsoft gun. 
    Karena itu ada yang memilih menggunakan pakaian dengan corak kamuflase ala militer agar tidak mudah tertembak. 
    ISOCOM saat ini (November 2007) mempunyai standard seragam yang dapat di-ikuti oleh para anggota, yakni : 
    - SWAT (black uniform) 
    - US Army woodland (loreng) 
    Khusus untuk seragam SWAT, selama masih bernuansa hitam SWAT, maka dapat dikatakan memiliki seragam (bisa menggunakan t-shirt hitam, baju lain yg berwarna hitam. Tapi untuk seragam semua tergantung team anda.
4.  Helm / Topi atau Balaclava(WAJIB!!!)
    Helm / Topi digunakan untuk melindungi kepala, telinga dan pelipis; dengan demikian wajib menggunakan helm / topi yang dapat melindungi kepala, lubang telinga dan pelipis. 
    Balaclava digunakan untuk melindungi bagian leher dan mulut. 
    Terdapat juga Masket AirSoft yang menggantikan Goggle dan Balaclava, terbuaty dari plastik dan kisi besi untuk daerah mata 
    (untuk Masker ini juga harus melewati uji test dari ISOCOM) 
    Helm/Topi haruslah yang aman dan nyaman digunakan. 
    Hindari menggunakan Helm real karena melelahkan. 
5. Glove, knee & elbow pad, water canteen dll 
    Glove atau Sarung Tangan harap digunakan bila medan outdoor cukup berbahaya (ranting, semak2, batu dll). Sarung tangan tidak ada standard dari ISOCOM, sarung tangan selama aman dan nyaman dapat digunakan (misal sarung tangan jari buntung untuk motor). 
Knee & Elbow pad (pelindung siku dan lutut) di anjurkan digunakan baik di medan indoor dan outdoor mengingat dinamisnya permainan Airsoft yang menuntut pemain olah gerak tiarap, berlindung pada medan yang cukup bervariasi (batu, lantai, rumput, ranting, semak dll.

beberapa foto aktivitas JAB'S dari berdirinya JAB'S  ;
War Game (Skirmish) JAB'S
saat JAB'S sosialisasi perbedaan airsoft gun dan air gun

saat pameran dan sosialisasi airsoft, JAB'S bersama GO HEAD 
saat pameran dan sosialisasi airsoft, JAB'S bersama GO HEAD 

saat pameran dan sosialisasi airsoft, JAB'S bersama GO HEAD 

saat JAB'S di CINEMA-CENTRE PRODUCTION


PERATURAN CLUB
1. JAB'S Mengharamkan Anggota Memiliki Air Gun dan Senjata Api Membawa Kelokasi Sukir.
2. JAB'S Tidak Bertanggung Jawab Apabila Anggota yang Mebawa Air Gun dan Senjata Api Tertangkap Oleh Kepolisian.
3. Semua Anggota Wajib Memiliki Kacamata Yang Standar Airsoft.
4. Penyalahgunaan Airsoft Adalah Tanggung Jawab Yang Bersangkutan, Bukan Pengurus Atau Club.
5. Dilarang Berjualan di Grup Ini Karna Tempat Jualan Sudah Ada Disini Bukan Pasar Jongkok.
6. Tidak Memiliki Penyakit Jantung.
7. Tidak Dalam Keadaan Stress Atau Gila.
8. Memiliki Jiwa Yang Sehat.
9. Apabila Ada Anggota Yang Tersinggung dengan Anggota Yang Lain Langsung di Selesaikan Langsung Tatap Mata, Jangan Sampai ada Masalah Dikemudian Hari.
10. Apabila Ada Anggota Yang Mengupload Gamabr Atau Vidoe yang TIDAK Layak Dilihat, Admin Berhak Menghapus dan Mengeluarkan Anggota nya.
11. Anggota Boleh Mengupload Foto dan Vidoe Yang Bersangkutan denga Airsoft Bukan Air Gun Atau Senjata Api.
12. Dilarang Menggunakan Airsoft untuk Menembak Hewan.
13. FPS Maximal 420 BB 0,2 Untuk Rifle dan Sniper FPS 450 BB 0,2 Khusus Sniper Spring, Berat BB Untuk Main Terserah Kepada Anggota..
Apabila Ada Yang Kurang Dengan Peraturan Yang dibuat Oleh Club Silahkan Komentar.
TERIMAKASIH ATAS PERHATIANNYA..



  sekian dan salam hangat dari kluarga besar JAB'S





 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar